Kamis, 02 Oktober 2014

Sistem operasi PALM



TUGAS MAKALAH

PENGANTAR KOMPUTER 1B

logo_gunadarma.jpg





                 

                       
 
AHMAD ZULFIKAR
  








FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
Daftar Isi
Pengertian Operasi Sistem…………………………………………………………….1
Pengertian Palm SO 1
Kelebihan dan Kekurangan Palm SO 2
Lisensi Palm SO 2
Cara Penggunaan Palm SO 3
Pandangan Masyarakat Terhadap Palm SO 4
Daftar Pustaka………………………………………………………………………….9



                               













A.   Pengertian Operasi Sistem
Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.
Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer,[1][2] meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.
Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.[3]
B.  Pengertian Palm SO
Palm OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Palm, Inc. yang awalnya dikhususkan sebagai sistem operasi untuk PDA. Namun dalam perkembangannya, Palm OS juga dibuat untuk smartphone. Sistem operasi ini didesain untuk kemudahan penggunaan dengan GUI (Graphical User Interface) berbasis touchscreen. Sistem operasi ini ditulis dengan bahasa pemrograman C/C++ dan bersifat close source.
Contoh perangkat yang menggunakan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680. Smartphone ini menggunakan system operasi Palm OS 5.4.9. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.
C.  Kelebihan dan Kekurangan Palm SO

1.      Kelebihan Palm OS:
  • Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal,
  • tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik.
2.      Kelemahan Palm OS:
  • Tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori. Selain itu , perusahaan yang mengembangkan Palm telah dihentikan maka kemungkinan perkembangan program Palm tidak akan ada lagi dan development yang ada sekarang mungkin hanya berupa support untuk produk produk lama Palm
Contoh : Palm OS 5.4.9
D.  Lisensi Palm SO
Beberapa pemegang lisensi telah membuat modifikasi khusus untuk sistem operasi. Ini bukan bagian dari versi berlisensi resmi.
·                     Palm mengembangkan sebuah Bluetooth API untuk eksternal SDIO Card Bluetooth untuk Palm OS 4,0 perangkat. Susunan Bluetooth yang kemudian dimasukkan di Palm OS 5.
·                     Palm menambahkan virtual grafiti area input API terutama bagi mereka T3 Tungsten perangkat. API ini kemudian digantikan oleh Dynamic resmi Masukan Area API di Palm OS 5.3.
·                     Palm ditambahkan ke Palm OS 5,4 yang Non-Volatile File System, dan menggunakan Flash untuk penyimpanan daripada DRAM, mencegah kehilangan data dalam peristiwa menguras baterai. Namun, ini secara fundamental mengubah cara program dijalankan dari Execute-in-Place Palm OS sistem yang digunakan secara tradisional, dan telah menjadi sumber banyak masalah kompatibilitas, yang membutuhkan banyak aplikasi untuk memiliki NVFS eksplisit support added bagi mereka untuk menjadi stabil.
·                     Bagi mereka yang dilengkapi kamera perangkat Palm menambahkan CameraLib API.
·                     Sony menambahkan sebuah perpustakaan untuk mendukung JogDial masukan yang tersedia pada mereka CLIÉ penyelenggara.
E.   Cara Penggunaan Terhadap Palm SO
Seperti yang Anda lihat, opini pengguna bervariasi sebanyak pengguna itu sendiri. Palm menjadi sebuah platform yang lebih popular di masa lampau karena lebih mudah dipelajari dan harganya terjangkau. Faktanya, sampai akhir tahun kemarin, Palm berharga $200 sedangkan Pocket PC sekitar $500. beberapa orang tidak akan mau mengeluarkan $500 untuk sebuuah PDA. Faktanya, beberapa pengguna Pocket PC akan mengatakan kepada Anda bahwa PDA pertama mereka adalah Palm karena harganya, tetapi mereka beralih ke Pocket PC karena mereka ingin aroma Windows. Saat ini, kedua platform menawarkan PDA seharga sekitar $200, membuat menjadi lebih terjangkau untuk mencoba salah satu Pocket PC atau Palm.
Apakah Palm lebih mudah digunakan daripada Pocket PC? Jika Anda tidak terbiasa dengan komputer, Palm akan sedikit lebih mudah untuk digunakan. Tetapi jika Anda sudah terbiasa dengan komputer, kedua platform mempunyai cara pembelajaran yang sama. Satu kesalahan besar pada Pocket PC adalah bahwa Pocket PC menjalankan program-program Windows pada umumnya. Hal ini salah. Program untuk Pocket PC dikembangkan untuk Pocket PC dan tidak akan berjalan pada Windows komputer dan juga sebaliknya, meskipun beberapa program Pocket PC dikembangkan dari source code yang sama dengan Windows. Hal yang dilakukan oleh pengembang Pocket PC dan Palm adalah membuat desktop dan versi PDA dari produk mereka. Dengan cara itu informasi dapat dimasukkan pada PDA atau komputer dan mensinkronkan satu sama lain.
Bagian terbesar dari debat PDA mana yang layak pakai sama dengan debat antara Mac dan PC. Beberapa orang merasa Mac lebih mudah digunakan dan beberapa bahkan lebih menikmati tren “setiap orang harus menggunakan PC”. Jika Anda membenci Windows dan berpendapat bahwa Bill Gates adalah bentuk lain dari kejahatan, Anda mungkin ingin memilih Palm. Jika Anda mencintai Windows dan menginginkan cita rasa Windows, Anda mungkin ingin mencoba Pocket PC. Cara terbaik untuk memilih adalah pergi ke toko elektronik terdekat dan mencoba PDA yang berbeda. Juga lakukan penelitian online. Ada banyak situs yang fokus pada handheld dengan berita dan review dari beraneka macam PDA. Forum PDA sangat baik jika Anda ingin mengemukakan beberapa opini dan siap-siaplah untuk membuka kotak Pandora. Kenyataannya, kedua sistem operasi lebih seperti beberapa orang yang ingin memberi kredit. Dengan beberapa perkecualian, mereka mempunyai kemampuan yang sama untuk membantu Anda menjalankan bisnis dan hidup sehari-hari Anda.
Satu hal yang harus diingat adalah validitas dari oponi pengguna PDA. Karena opini dari orang lain bisa sangat bermanfaat untuk membuat keputusan, yakinlah untuk menanyakan pertanyaan. Beberapa pengguna PDA akan mengatakan sistem operasi yang mereka pakai adalah yang terbaik sedangkan yang lainnya buruk. Satu hal yang harus diketahui bahwa beberapa dari orang-orang ini tidak pernah mencoba sistem operasi yang lain. Jika Anda ingin opini yang sebenarnya, tanyalah kepada mereka yang sudah menggunakan kedua platform sehingga Anda bisa mengerti apakah PDA yang mereka gunakan memenuhi keinginan Anda.
F.   Pandangan Masyarakat Palm SO
Pandangan masyarakat banyak yang memilih palm dari pada SO yang lain, kami memberi contoh perbandingan dengan Pocket PC, beberapa sebab di antaranya :
· Palm dijual mulai $99 sedangkan Pocket PC dijual mulai $200.
Beberapa opini atau persepsi pengguna (terkadang salah fatal):
· Palm lebih mudah dipelajari dan dipakai
· Palm lebih stabil, sedangkan Pocket PC lebih sering crash.
· Pocket PC lebih powerfull.
· Pocket PC mampu menyatu lebih baik dengan Windows Office.
· Palm mempunyai lebih banyak freeware dan softwarenya lebih murah.
· Palm adalah organizer, sedangkan Pocket PC adalah komputer.
Alasan membeli Palm:
· Lebih banyak third-party software. Palm OS menguasai 72% pasar PDA di seluruh dunia. Sehingga terdapat ribuan lebih banyak aplikasi tersedia untuk Palm daripada untuk Pocket PC.
· Harga lebih murah. Device Palm OS termahal adalah Zire seharga $99. sedangkan device Pocket PC termahal (seperti Dell’s Axim X5) seharga sekitar $200.
· Tidak memerlukan banyak sumber daya. Palm OS tidak memerlukan prosesor yang cepat dan memori besar untuk dapat berjalan secara efisien. Sedangkan Pocket PC, dengan sistem operasi berbasis Windows, lebih memerlukan prosesor yang lebih cepat dan memori yang lebih besar (yang akan meningkatkan biaya hardware).
· Lebih mudah digunakan. Palm OS dan aplikasinya bekerja lebih menuju sasaran dan lebih simple daripada aplikasi yang sama pada Pocket PC, dan cukup powerfull untuk menyelesaikan tugasnya.
· Terintegrasi lebih baik dengan Micorsoft Office. DataViz Documents To Go 5.0, yang ada pada sebagian besar model Palm, menyediakan tool dan integrasi dengan file Microsoft Office melebihi versi dari Office pada Pocket PC. Dan tidak seperti Documents To Go pada Palm, aplikasi pocket Office tidak termasuk PowerPoint.
· Ukuran lebih kecil. Pada umumnya device Palm lebih kompak daripada device Pocket PC.
1. Harga
Sistem operasi Palm memang lebih murah dibandingkan PC. Untuk kelas entry level, PDA mulai dari Rp. 1 juta (harga baru) untuk jenis Zire 21 hingga yang high end Rp 6 juta untuk PDA Sony UX50. Sedangkan Pocket PC entry levelnya dimulai pada harga Rp. 2,5 juta hingga Rp. 7 juta untuk yang termahal. Pocket PC memang lebih mahal, namun tampilan layar berwarna dan keluaran suaranya memang lebih bagus.
2. Software
Pocket PC terintegrasi dengan MS Word, Excel dan Powerpoint. Aplikasi wajib PC berbasis Windows. Sedangkan Palm tidak disertai dengan aplikasi seperti itu, karena Pocket PC itukan buatan Microsoft (harap maklum).
Namun bukan berarti Palm OS lebih buruk untuk urusan aplikasi pendukung pekerjaan. Aplikasi Palm OS Office malah lebih bagus dari yang tersedia di Pocket PC. Jadi, Anda tetap bisa membuat dokumen dengan maksimal via PDA Palm. Power Point pun bisa digunakan dalam aplikasi yang populer disebut To Go Professional. Bahkan chart excel yang tak bisa ditampilkan pada Pocket PC, malah bisa hadir di Palm OS.
3. Organiser
Yang terpenting dalam organiser kemampuan handset adalah manajemen kontak, fungsi kalender dan reminder (to do list). Jika Anda membeli PDA memang untuk mengorganisasi pekerjaan, maka sistem operasi Palm bisa dijadikan pilihan. Banyak orang yang merasa lebih senang menggunakan Palm karena memang lebih mudah untuk pengaturan organiser. Tak banyak klik yang harus dilakukan dan lebih cepat.
4. Outlook
Jika Anda menganggap penting integrasi PDA dengan Outlook, Pocket PC punya kelebihan karena bisa langsung dilakukan. Sedangkan aplikasi standar Palm tidak bisa melakukan integrasi dengan Outlook. Tapi jangan khawatir, terdapat program Pocket Mirror keluaran Chapura. Install program tersebut maka sinkronisasi Palm dengan Outlook pun bisa berjalan.
Belakangan, PDA berbasis Palm telah mengeluarkan program sinkronisasi sendiri. Sony Clie PDAs hadir dengan Intellisync Lite untuk bisa 'nyambung' dengan Outlook. Kalau PDA Anda ingin disinkronisasikan dengan Lotus Notes, Outlook Express, Novell Groupwise, dan ACT, maka install versi penuh Intellisync, jangan yang Lite saja. Aplikasi itu bisa dibeli dari pumatech.
5. Ukuran dan Berat
Untuk ukuran dan berat, umumnya PDA berbasis Pocket PC berbentuk lebih besar dan lebih berat ketimbang handset Palm. Namun, Pocket PC punya andalan iPAQ 1940 dan iPAQ 4150 yang bisa dimasukkan ke dalam kantung. Sedangkan PDA basis Palm paling slim adalah Tungseng T3. Fisik slim dengan layar lebar.
6. Baterai
Umumnya PDA Palm maupun Pocket PC memiliki batarai dari jenis yang sama: lithium ion, yang sudah pasti bisa dicharge. Meski kekuatannya bervariasi, kisaran kekuatan baterai dari kedua basis PDA itu adalah 1.000 mAh. Pocket PC terkenal memakan energi lebih besar.
7. Multimedia
Untuk urusan multimedia entertainmen. kedua basis PDA tersebut bersaing ketat. Ada yang suka dengan keluaran suara Palm, sudah tentu ada juga yang menggemari audio Pocket PC. Untuk urusan musik dan menonton rekaman video, tampaknya bukan sistem operasi yang harus dibandingka, melainkan vendornya.
Varian Sony Clie mumpuni untuk urusan musik, khususnya MP3. Begitu juga untuk menyaksikan rekaman video, Sony Clie masih yang terdepan. Pilihan lainnya ada pada Tungsten dan Zire7.
8. Backup data
Software yang sudah tersedia di dekstop Palm maupun Pocket PC bisa melakukan back up data PDA. Maksud back up di sini, bukan menempatkan data cadangan di memori eksternal.
Ketika baterai habis, maka Anda harus melakukan back up, karena jika tidak maka data akan hilang. PDA basis Palm secara otomatis melakukan back up ketika Anda melakukan sinkronisasi. Prosesnya pun sangat cepat.
Sedangkan Pocket PC tidak dapat melakukan back up secara otomatis ketika melakukan sinkronisasi. Anda harus memililih terlebih dulu pilihan Backup/Restore dari ActiveSync yang ada di desktop. Waktu yang dibutuhkan pun lebih lama jika dibandingkan apa yang dilakukan Palm.
Hanya saja, belum lama ini sistem operasi Pocket PC telah mengalami pengembangan dengan kemunculan Windows Mobile 5.0 yang mampu melakukan back up. Sistem operasi ini telah dapat ditemui pada Dopod 818 Pro dan O2 Atom.















DAFTAR PUSTAKA


http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi_telepon_genggam

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 zulfikar poenya